Wuihh....dah lama beud tidak posting nih! buanyak banget agenda lain yang harus diselesaikan ma "dipuaskan" terlebih dahulu hi..hi..
Langsung aja, kali ini kita akan belajar menggambar helikopter. Meski mungkin kita sering melihat, tapi jika kita ditodong anak-anak menggambar helikopter ya mungkin sebagian kita juga binun he..he..
Oke, begini langkahnya:
1. Seperti biasa, buat lingkaran oval sebagai dasar bentuk helikopter kita
2. tambahkan tail boom ( ekor. red)dan engine nacelle (penutup mesin) di bagian belakang dan atas lingkaran
3. Gambarlah skid pendaratnya beserta tail wingnya
Selasa, 24 Juli 2012
Kamis, 28 Juni 2012
DESAIN FASAD MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM
Kali ini aku mencoba membuat usulan desain fasad untuk Madrasah Aliyahku tercinta. Gambar ini kubuat dengan agak "berdarah-darah" karena yang kupunya untuk modal pembuatannya hanya foto lokasi yang sedang dibangun! he..he.. Makanya jika nanti kok ya dipakai, yaa jelas harus di setting ulang wong dasar gambarnya makai teori "Insyaallah ukurannya segitu lah!" wkwkwkwk....
Monggo dipirsani saja.....
Monggo dipirsani saja.....
Sabtu, 23 Juni 2012
MENGGAMBAR ROBOT
Nhaa...kali ini kita akan latihan menggambar robot, karena sempet ada yang komplain ke aku"mosok nggambarnya cuman kepala doang!!!" maka dari itu sekarang kita latihan nggambar robot yang "Seutuhnya" meski bukan meneruskan yang Optimus Prime dulu, soalnya kayaknya nanti kalo neruskan yang itu jadinya puanjaaaanng banget langkahnya he..he..
Monggo dimulai saja....
1. Kebiasaan....kita mulai dengan menggambar bulatan-bulatan untuk badan dan kaki seperti contoh
2. Kita tambahkan lagi bulatan-bulatan yang lebih kecil untuk kepala, lengan dan kaki
3. hubungkan bulatan tangan dan kaki serta garis badan dan lengkapi bentuk kakinya
Monggo dimulai saja....
1. Kebiasaan....kita mulai dengan menggambar bulatan-bulatan untuk badan dan kaki seperti contoh
2. Kita tambahkan lagi bulatan-bulatan yang lebih kecil untuk kepala, lengan dan kaki
3. hubungkan bulatan tangan dan kaki serta garis badan dan lengkapi bentuk kakinya
MENGGAMBAR DUMP TRUCK
Kali ini kita akan latihan menggambar kendaraan berat. Keinginan menggambar truk ini muncul saat membaca foto status seorang alumni SMK Panca Bhakti yang sekarang jadi operator truk "gajah bengkak" ini. Karena kelihatannya menarik, makanya aku mencoba untuk membuat latihannya
3. Lalu kita buat garis awal bentuk bak-nya terlebih dahulu dan garis panduan kabin pengemudinya
Oke, demikian sekilas info, langsung saja kita berlatih.
Begini langkahnya:
1. Seperti biasa, buat lingkaran-lingkaran untuk rodanya. kita gambar enam lingkaran oval seperti contoh untuk memberikan bentuk 3 dimensinya
2. Kemudian kita buat kotak untuk membantu membentuk badan kendaraan 3. Lalu kita buat garis awal bentuk bak-nya terlebih dahulu dan garis panduan kabin pengemudinya
RENCANA RUMAH UNTUK SEORANG TEMAN
Alhamdulillah, bisa posting lagiiii.....!!!!
Kali ini aku mencoba untuk memberikan bantuan untuk seorang teman yang sedang kepingin merehab rumahnya yang menurut beliau saat ini sudah tidak cukup representatif untuk kegiatan beliaunya. Setelah melalui tahapan survey lokasi dan ngobrol-ngobrol sinambi medangan akhirnya berdasarkan oret-oretan yang kubuat hasilnya kira-kira seperti ini
Kali ini aku mencoba untuk memberikan bantuan untuk seorang teman yang sedang kepingin merehab rumahnya yang menurut beliau saat ini sudah tidak cukup representatif untuk kegiatan beliaunya. Setelah melalui tahapan survey lokasi dan ngobrol-ngobrol sinambi medangan akhirnya berdasarkan oret-oretan yang kubuat hasilnya kira-kira seperti ini
DENAH ASAL
USULAN DENAH REVISI
RENCANA TAMPAK DEPAN
PERSPEKTIF
Senin, 18 Juni 2012
MENGGAMBAR IKAN HIU
Nhaa...kali ini kita akan berlatih menggambar ikan yang terkenal galak di lautan, yaitu ikan Hiu. Sebetulnya ikan hiu nggak galak bin ganas seperti yang kita duga, hanya memang ikan ihu doyan banget daging apa saja! itu saja masalahnya hi..hi..
Okelah kalo begitu, kita mulai saja tahapannya:
1. Seperti biasa, buat lingkaran-lingkaran bantu untuk membentuk bodi ikan hiu kita, jangan lupa hubungkan kedua lingkaran dengan garis
4. Gambarlah bagian mata dan kisi-kisi insangnya
5. Hapus garis bantu yang tidak diperlukan, rapikan gambar, dan warnai....
Mudah kan? Selamat berlatih........
Okelah kalo begitu, kita mulai saja tahapannya:
1. Seperti biasa, buat lingkaran-lingkaran bantu untuk membentuk bodi ikan hiu kita, jangan lupa hubungkan kedua lingkaran dengan garis
2. Gambarlah bagian ekor dan moncong ikan hiu
3. Lengkapi dengan sirip-sirip pada bagian atas dan samping serta sirip kecil dibagian belakangnya ya?
4. Gambarlah bagian mata dan kisi-kisi insangnya
5. Hapus garis bantu yang tidak diperlukan, rapikan gambar, dan warnai....
Mudah kan? Selamat berlatih........
MENGGAMBAR GAJAH
Setelah agak lama absen (Abis ngurus ujian kenaikan kelas, mas bro!!), kali ini aku mo nyoba lagi mosting latihan gambar. Kali ini kita akan latihan menggambar yang punya blog, eh....menggambar gajah,maksudnya!!!Wkwkwkwk.......
Untuk menggambar binatang gendut ini, sebetulnya mudah, wong hanya menggabungkan bulatan dan lengkungan-lengkungan saja kok! Begini langkahnya:
1. Buat dua buah lingkaran dengan ukuran berbeda seperti contoh
Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencobaa.....!!!
Untuk menggambar binatang gendut ini, sebetulnya mudah, wong hanya menggabungkan bulatan dan lengkungan-lengkungan saja kok! Begini langkahnya:
1. Buat dua buah lingkaran dengan ukuran berbeda seperti contoh
2. Gambarlah bagian kaki, belalai dan telinga
3. Lengkapi gambar dengan gading, mata dan ekornya
4. Warnai gambar seperti contoh
Sabtu, 09 Juni 2012
MENGGAMBAR PESAWAT F-117 NIGHTHAWK
Kali ini kita akan belajar menggambar pesawat siluman F-117 Nighthawk, pesawat siluman generasi kedua veteran perang Teluk 1992 yang sudah pensiun. Meski bentuknya mungkin "wagu" bagi sebagian kita, namun pesawat yang dihasilkan dari riset tim Skunk Works Lockheed ini tetap menjadi ikon dan acuan rancangan pesawat-pesawat siluman generasi berikutnya.
Begini langkahnya:
1. Buatlah bentuk segitiga sebagai dasar bentuk pesawat
2. Tambahkan garis dibagian belakang untuk exhaust dan ekor pesawat
3. Mulai bentuk fuselage
4. Hapus dulu garis bantunya agar tidak membingungkan
5. Lengkapi dengan gambar ekor dan jet intake disamping fuselage seperti contoh
6. Warnai dengan warna hitam seperti contoh
Mudah kan??? Selamat mencoba!!
Begini langkahnya:
1. Buatlah bentuk segitiga sebagai dasar bentuk pesawat
2. Tambahkan garis dibagian belakang untuk exhaust dan ekor pesawat
3. Mulai bentuk fuselage
4. Hapus dulu garis bantunya agar tidak membingungkan
5. Lengkapi dengan gambar ekor dan jet intake disamping fuselage seperti contoh
6. Warnai dengan warna hitam seperti contoh
Mudah kan??? Selamat mencoba!!
Kamis, 07 Juni 2012
MENGGAMBAR KAPAL PINISI
Kapal Pinisi merupakan salah satu masterpiece asli bangsa kita yang sayangnya nampaknya untuk anak-anak kita sudah banyak yang tidak tahu akan hal ini. Makanya untuk sedikit mengingatkan kita, kali ini kita akan belajar menggambar kapal Pinisi.
Begini langkahnya......
1. Kita gambarkan dulu kotak acuan badan kapal
2. Kita buat lengkungan untuk badan kapal dan batas airnya
3. Tambahkan tiang layar dan bagian haluan kapalnya
4. Gambarlah layar dan tali-pengikatnya
Begini langkahnya......
1. Kita gambarkan dulu kotak acuan badan kapal
2. Kita buat lengkungan untuk badan kapal dan batas airnya
3. Tambahkan tiang layar dan bagian haluan kapalnya
4. Gambarlah layar dan tali-pengikatnya
Rabu, 06 Juni 2012
MENGGAMBAR MOTOR HARLEY DAVIDSON
Hari ini kita akan mencoba menggambar motor Harley Davidson. Tapi sebelum nya aku mohon maaf jika nggak mirip-mirip banget, wong ternyata pas melihat technical drawingnya njlimet sekali he..he..
Begini langkahnya...
1. Seperti biasa gambarlah dulu roda depan dan belakangnya kemudian buatlah tiga kotak seperti contoh untuk acuan bodi kendaraan
2. Kemudian, buatlah garis acuan setang kemudi dan bulatan tangki
3. Mulailah melengkapi detil-detil pelengkap seperti lingkaran ban, spatbor, jok dan lain-lainnya
4. Teruus......ss lengkapi detil gambar anda hingga anda anggap cukup
5. Rapikan hasil gambar yang ada, hapus garis bantunya
6. Warnai sesuai selera......
Semoga berhasil, selamat mencoba!!!!
Begini langkahnya...
1. Seperti biasa gambarlah dulu roda depan dan belakangnya kemudian buatlah tiga kotak seperti contoh untuk acuan bodi kendaraan
2. Kemudian, buatlah garis acuan setang kemudi dan bulatan tangki
3. Mulailah melengkapi detil-detil pelengkap seperti lingkaran ban, spatbor, jok dan lain-lainnya
4. Teruus......ss lengkapi detil gambar anda hingga anda anggap cukup
5. Rapikan hasil gambar yang ada, hapus garis bantunya
6. Warnai sesuai selera......
Semoga berhasil, selamat mencoba!!!!
Langganan:
Postingan (Atom)
WARUNG KOPI
Jujur aja, ini pertama kalinya saya diminta nggambar warung kopi, jadi yaa...begini hasilnya he..he.. semoga anda ndak nyesel melihatnya wk...
-
Kapal Pinisi merupakan salah satu masterpiece asli bangsa kita yang sayangnya nampaknya untuk anak-anak kita sudah banyak yang tidak tahu ak...
-
Jika Posting sebelumnya kita sudah mencoba menggambar Truk Peterbilt Transformers, kali ini aku mencoba memberikan langkah-langkah menggamba...
-
1. Gambarkan sebuah segi empat sama sisi berukuran 3 m x 3 m dengan skala. 2. Bagilah segi empat tersebut dengan garis diagonal. Gamba...