BlogUpp!

Sabtu, 19 Mei 2012

TRIK “MENYALIN” GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR


Kali ini, aku mo nyoba sharing bagaimana cara “menyalin”(aku lebih suka istilah ini, soalnya lebih keren daripada pake istilah “ngemal” wkwkwk….) gambar interior atau eksterior yang sering jadi “memedi”nya anak gambar bangunan.
Menurutku, pada dasarnya nggak ada yang salah dari metode ini, karena kita sebetulnya menggambar dengan melihat contoh, bukan menjiplak, apalagi dengan cara ini sebetulnya kita belajar bagaimana prinsip perspektif bekerja (jiahhh….bekerja!!!)
Oke, ora nganggo suwe, kira-kira begene neh caranya:
1. Ambillah sebatang bambu, eh gak ding! emang mo buat layangan!!!. Ambil gambar yang akan kita salin. Lebih baik lagi kalo gambar itu cuman semata wayang kita fotokopi dulu,trus kita ubek-ubek aja kopiannya itu.
 2. Trus, tarik sebuah garis pada gambar yang nanti kita jadikan pedoman
menyalin gambar interior
 3. Lalu, buat garis-garis vertikal pada gambar sebagai garis bantu

menyalin gambar interior
4. Abis itu, coba kita tarik dua garis yang miring kearah yang sama dan membuat perpanjangannya. Cobain, bisa ketemu gak garisnya (syukur kalo ketemu, kalo nggak ya garisnya sampe tepi gambar aja gak papa kok!
menyalin gambar interior

menyalin gambar interior

5. Kemudian coba kita buat garis_garis bantu yang lain

menyalin gambar interior
 6. Naa….kalo dah dirasa cukup, silakan mengambil kertas gambar lalu buat bingkai garis sesuai skala yang dikehendaki. Umpamanya gambarnya berukuran 10x10 cm, bisa anda buat 10x10 cm atau diperbesar/diperkecil

menyalin gambar interior
 7. Pada bingkai itu, silakan anda salin ukuran-ukuran dan jarak-jarak garis yang tadi anda buat pada gambar contoh (tetap perhatikan skala lho!)

menyalin gambar interior
 8. Abis itu, hapus garis-garis bantu yang tidak dipakai
menyalin gambar interior

9. Nhaa…monggo mulai membuat detil-detil yang sesuai dengan gambar yang anda contoh atau berimprovisasi sesuai selera
menyalin gambar interior
10. Taraaaa……..jadilah gambar salinan anda yang persis dengan gambar contohnya!!!!!

menyalin gambar interior
Mudah kan? Kuncinya yang penting telaten (itu bukannya yang deket Prambanan ya?) dan sabarrr.
Walhasil, semoga dengan latihan kaya gini nantinya anda bisa oret-oret  menggambar perspektif sendiri secara otomatis tanpa bantuan lagi. Selamat mencoba dan…MERDEKAAA!!!! 

Related Posts by Categories

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...